PROPOSAL USAHA KERIPIK PISANG
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Pembuatan Proposal Usaha
Proposal usaha ini
disusun untuk melakukan suatu kegiatan, dan kegiatan itu perlu mendapat
persetujuan dari pihak tertentu.Untuk itu penulis memilih usaha dibidang
makanan ringan yaitu usaha penjualan keripik pisang.
Didalam penulisan proposal
usaha ini penulis memilih usaha tersebut diatas karena :
1. Usaha ini mudah
dilakukan baik dalam proses pembuatan dan pemasaran.
2. Usaha ini mudah
berkembang karena didaerah pemasaran produk kami belum ada yang berwirausaha
keripik pisang.
B. Ruang Lingkup Isi Proposal Usaha
Dalam
hal ini,akan dijelaskan secara singkat apa yang dimuat dalam proposal usaha
ini,yaitu tentang manajemen atau organisasi usaha,keuangan,produksi dan
pemasaran.
1. Manajemen / Organisasi Usaha
2. Dapat diartikan sebagai hubungan
kerjasama orang-orang yang terapat dalam suatu kegiatan atau badan usaha dalam
rangka mencapai tujuan tertentu.Manajemen / Organisasi Usaha berisi tentang
nama,bentuk badan usaha,tempat kedudukan usaha,jumlah tenaga kerja dan struktur
organisasi dalam usaha tersebut.
2.
Keuangan
Adalah suatu bagian yang mengenai permasalahan tentang
pendanaan dalam suatu kegiatan atau badan usaha.Masalah keuangan ini yang
mencakup tentang sumber modal (dalam/luar) ,proyeksi keuangan (modal investasi
dan modal kerja) , menentukan modal kerja dan menghitung biaya ruginya.
3.
Produksi
Adalah kegiatan yang dapat menimbulkan tambahan manfaat
baru. Dalam masalah ini akan menjelaskan tentang jenis produksi, bahan baku,
dan bahan penolong serta proses produksi.
4.
Pemasaran
Diartikan
sebagai keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa.
Masalah
pemasaran ini mencakup tentang distribusi produk saingan, produk sejenis, dan
daerah pemasaran.
C. Alasan Pembuatan Proposal Usaha
Proposal usaha merupakan sebuah dokumen tertulis yang
disiapkan oleh wirausahawan untuk mengembangkan semua unsure,menegenai usaha
atau proyek baru yang relevan baik internal maupun eksternal.
Maka perlu dibuat suatu proposal usaha yang merupakan
identitas dari sebuah usaha yang didirikan, sehingga orang luar akan
tertarik untuk menjalin kerjasama.Dalam
pembuatan proposal usaha ini terdapat aspek-aspek dan alas an penting,yaitu
alas an edukasi dan bisnis.
1. Alasan Edukasi
-
Untuk menambah kemampuan serta
wawasan dalam berwirausaha
-
Pembuatan proposal ini bertujuan
untuk mengetahui sejauh mana seorang siswa mampu berwirausaha.
-
Merupakan tugas kewirausahaan untuk
menunjang salah satu syarat kelulusan SMK.
2. Alasan Bisnis
-
Merupakan pernyataan wirausahawan
sebagai pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka usaha.
-
Berguna untuk melakukan marger
dengan perusahaan lain.
-
Mengundang orang-orang tertentu yang
mempunyai potensi untuk bergabung dan bekerjasama.
-
Meminjam adanya focus tujuan dan
berbagi personil yang ada dalam perusahaan.
-
Melakukan pengaturan bentuk
kerjasama dengan perusahaan lain yang sudah ada dan saling menguntungkan.
BAB II
DESKRIPSI USAHA
A.Manajemen / Organisasi Usaha
a.
Nama Usaha
Biasanya pada pemilihan
nama usaha dibuat semenarik mungkin agar para konsumen berminat untuk membeli atau
memesan produk yang dipasarkan.Untuk itu nama usaha yang saya gunakan
yaitu “USAHA KERIPIK PISANG ”.
b.
Bentuk Badan Usaha
Pemilihan bentuk badan
usaha oleh seorang wirausahawan akan dipengaruhi oleh hal-hal sebagai berikut :
-
Besarnya modal yang diperlukan
-
Kelangsungan hidup (kontinuitas) badan usaha.
-
Tanggung jawab terhadap hutang piutang badan usaha.
-
Siapakah yang akan memimpin badan usaha?
Bentuk badan usaha ini
adalah perseorangan atau CV
c.
Tempat Kedudukan Usaha
Yang
dimaksud disini ialah tempat atau letak perusahaan melakukan aktifitas
produksi. Usaha ini termasuk kedudukan perusahaan yang ekonomis. Berarti tempat
perusahaan yang pemilihannya dengan perhitungan bahwa tempat yang dipilih
adalah tempat yang strategis dan menguntungkan.
d.
Struktur Organisasi
Struktur
organisasi dapat diartikan sebagai suatu gambaran sistematis tentang hubungan
kerjasama orang-orang yang terdapat pada satu badan dalam rangka mencapai suatu
tujuan.
Dengan
struktur organisasi kita dapat mengetahui system manajemen dari organisasi
tersebut. Sehingga kita dapat mengetahui kemampuan masing-masing pihak akan
menjadi lebih mudah untuk melakukan koordinasi.
Dalam
usaha ini, dijalankan oleh salah satu siswa SMK N 1 Temanggug,bagan struktur
organisasi bagi kami tidak terlalu penting karena usaha ini hanya dikelola oleh
satu orang saja yang berlaku baik sebagai pimpinan sekaligus karyawan yang
melayani konsumen secara langsung.
B. Keuangan
1. Analisis Biaya
yang Dibutuhkan
LABA RUGI USAHA
SELAMA DUA BULAN TERAKHIR
Keterangan
|
Bulan I
|
Bulan II
|
Pendapatan
|
3.000.000
|
4.500.000
|
Biaya Bahan
Baku
|
1.200.000
|
1.700.000
|
Biaya Tenaga
Kerja
|
750.000
|
750.000
|
Perlengkapan
|
150.000
|
200.000
|
Listrik &
Air
|
75.000
|
80.000
|
Pemasaran
|
175.000
|
200.000
|
Laba Kotor
|
750.000
|
1.570.000
|
Perhitungan
biaya bahan
baku
1.
22 Sisir Pisang
Raja
@5.000
Rp 110.000,00
2.
20 kg minyak
goreng Star
Rp 155.000,00
3.
Perlengkapan
Rp 15.000,00
4.
Tabung gas
Rp 14.000,00
Biaya operasional
1.
Biaya gaji 6
orang
Rp 120.000,00
2.
Pemasaran
Rp 20.000,00
Total
Biaya
Rp 434.000,00
Jumlah kemasan
yang
dihasilkan
: Kurang lebih 210 bungkus
Biaya per
kemasan
: 2066,67
Keuntungan yang
diharapkan
: 434,33
Harga Jual per
kemasan
: 2500,00
2. Analisis,
Kelemahan , Peluang dan Ancaman, Kekuatan (SWOT)
1.
Kekuatan
a.
Harga
Terjangkau
b.
Kualitas
terjamin
c.
Cita rasa
bervariasi
d.
Kemasan
berbagai ukuran
2.
Kelemahan
a.
Sarana dan
prasarana sederhana
b.
Sumberdaya
manusia yang yang disibukkan dengan tugas kuliah
c.
Bahan baku
kripik pisang mudah rusak
3.
Peluang
a.
Pangsa pasar
yang masih luas
b.
Bahan baku yang
mudah di dapat
c.
Pesaing besar
relatif terbatas
4.
Ancaman
a.
Munculnya
variasi makanan jajanan
b.
Munculnya
pesaing baru
3.
Rencana Anggaran Belanja
(Pengembangan Usaha)
No.
|
Bahan
|
Satuan
|
Banyak
|
Harga
|
Sub-Total
|
1
|
Kompor Gas
|
unit
|
2
|
450.000
|
900.000
|
2
|
Tabung Gas
|
unit
|
3
|
150.000
|
450.000
|
3
|
Wajan
|
unit
|
2
|
500.000
|
1.000.000
|
4
|
Pisau
|
unit
|
6
|
5.000
|
30.000
|
5
|
Talenan
|
unit
|
4
|
20.000
|
80.000
|
6
|
Saringan Minyak
|
unit
|
2
|
25.000
|
50.000
|
7
|
Nyiru
|
unit
|
2
|
25.000
|
50.000
|
8
|
Baskom besar
|
unit
|
4
|
60.000
|
240.000
|
9
|
Pengiris pisang
|
unit
|
2
|
35.000
|
70.000
|
C. Produksi
a.
Jenis Usaha
Jenis produksi yang akan
saya jalankan adalah produksi sekunder berarti produksi yang mengacu pada
pemanfaatan bahan baku diproses menjadi lahan atau barang jadi yang langsung
bisa digunakan. Dalam usaha ini yang menjadi hasil utamanya adalah keripik.
b.
Badan Baku dan Bahan Penolong
Adapun
bahan-bahan pembuatan keripik pisang sebagai berikut :
-
1 tandan pisang setengah matang
-
5 liter air
-
3 sendok makan kapur sirih
-
500 ml minyak goring
-
50 gram garam dapur
-
½ ons bawang putih
-
7 butir kemiri
-
3 sendok makan ketumbar
-
Penyedap rasa secukupnya
-
Bumbu keju,Seaweed
c.
Proses Produksi
Adapun proses pembuatan produk
keripik pisang ini akan kami uraikan sebagai berikut:
1. Cara Pembuatan
- Campurkan kapur sirih kedalam 5 liter
air,aduk hingga larut
-
Rendam pisang yang sudah diiris
tipis tadi kedalam air kapur sirih selama 1 jam
-
Angkat tirisan tadi,cuci dengan air
bersih lalu tiriskan
-
Masukkan irisan pisang yang sudah
dicuci kedalam wadah,kemudian masukkan bumbu dan penyedap lalu aduk hingga rata
-
Panaskan minyak goreng,lalu goreng
dan segera angkat ketika keripik pisang berwarna kecoklatan
-
Tambahkan bumbu keju,BBQ kedalam
keripik pisang yang telah matang.
-
Keripik pisang siap dihidangkan.
-
7 butir kemiri
D. Pemasaran
a. Distribusi Produk
Distribusi
adalah suatu kegiatan menyalurkan barang kepada konsumen
yang
membutuhkan.Distributor dibagi menjadi dua macam,yaitu:
o Distributor langsung
o Distributor tak langsung
Mengenai hal ini usaha kami
mendistribusikan barang secara langsung kepada konsumen/masyarakat.Dengan cara
ini diharapkan produk ini dapat dikenal masyarakat luas.
b. Saingan Produk Sejenis
Saat ini memang banyak penjual atau pengusaha keripik
pisang,tetapi
didaerah
yang saya pilih belum ada penjual keripik seperti yang saya buat.Oleh karena
itu saya memberanikan diri untuk mengenalkan produk saya kepada masyarakat
lewat usaha ini.
c. Daerah Pemasaran
d. Cara Memasarkan
Agar produk laku keras
dipasaran, maka dilakukan pemasaran produk. Namun bila tidak mengerti cara memasarkannya berarti
bisa menghambat produk sampai pada konsumen.Dengan begitu,masyarakat tidak akan
mengetahui apa yang telah diproduksi.
Cara pemasaran keripik
pisang ini antara lain :
a.
Memberi potongan harga untuk awal produksi.
b.
Mengadakan promosi mengenai produk yang dilakukan lewat mulut ke
mulut,meskipun sebenarnya produk bisa juga ditawarkan melalui social media,door
to door, atau dari teman ke teman.
BAB III
PENUTUP
Dari
fakta yang ada saat ini,berdasarkan usaha yang kami jalankan ini penulis
menyimpulkan bahwa banyak peluang-peluang usaha yang dapat kita manfaatkan.
Usaha penulis membuat proposal usaha ini adalah salah satu usaha penulis untuk
bergerak dalam bidang makanan ringan.Beserta pemasaran usaha ini didirikan oleh
sekelompok orang yang belajar berwirausaha yang bertempat didaerah yang
strategis.
Dengan
semua hasil tersebut, penulis akan memperoleh keberhasilan dan pengalaman dalam
menjalankan usaha.Serta tidak lupa penulis berterimakasih dan mohon maaf kepada
semua pihak yang berperan dalam pembuatan proposal usaha ini.Semoga bermanfaat
untuk kedepannya.
Video Pembuatan Keripik Pisang
Daftarpustaka
http://youtube.com/pembuatan_keripik
0 komentar:
Posting Komentar